Sabtu, 03 Maret 2012

TIPS MENGATASI PENYEBAB INSOMNIA | CARA MENGOBATI INSOMNIA SULIT TIDUR

Tidur malam hari yang nyenyak adalah kebutuhan wajib setiap orang untuk kembali merasa segar dan bertenaga di hari berikutnya. Biasanya, orang dewasa butuh minimal 8 jam semalam. Tapi bagi sebagian orang, tidur adalah sebuah aktivitas yang sulit dilakukan sehingga pada akhirnya menimbulkan masalah kesehatan baik fisik maupun mental.

Beberapa penyebab susah tidur dan cara mengatasinya:
Problem utama sulit tidur adalah karena stress dan banyak pikiran. Penelitian menemukan bahwa kondisi mental kita saat tidur sangat mempengaruhi level cortisol (hormon stress) di dalam darah kita, dimana pikiran yang tertekan saat sebelum tidur akan menyebabkan tingginya level cortisol di dalam darah. Cobalah bermeditasi selama 15 menit sebelum tidur, agar pikiran lebih tenang dan rileks.
Sebisa mungkin, tidurlah sebelum jam 10 malam. Menurut riset, sebelum waktu inilah orang paling mudah tertidur. Jika Anda melakukan aktivitas seperti mengobrol dengan teman atau menonton film kesukaan setelah jam 10 malam, maka perasaan mengantuk akan hilang dan berubah menjadi keletihan (fatique).
Sebagai pengecualian tips no.2, tidurlah hanya jika Anda merasa mengantuk. Jika Anda tidak tertidur setelah setengah jam berbaring, cobalah bermeditasi atau membaca buku. Memaksakan diri untuk tidur hanya akan menyebabkan Anda gelisah dan malah tidak bisa tidur.
Makanlah dengan pola: sarapan sehat seimbang, makan siang dengan porsi sedang, dan makan malam dengan porsi kecil. Santaplah makan malam minimal 3 jam sebelum tidur agar lambung tidak bekerja terlalu keras untuk mencernanya. Konsumsilah diet sehat dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sereal, dan beras merah. Hindari makanan yang susah dicerna seperti makanan berlemak dan manis.
Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari, sampai dengan jam 6 sore (agar tidur Anda tidak terganggu dengan keinginan ke toilet). Menurut ilmu kedokteran Cina, gangguan toksin di ginjal juga bisa menjadi penyebab susah tidur. Banyaknya konsumsi cairan akan membersihkan toksin dari ginjal sehingga kerjanya lebih ringan.
Lakukanlah pijat dengan minyak aroma terapi atau minyak zaitun (olive oil) 1-2 kali seminggu sebelum mandi. Pemijatan rutin, selain mengurangi stress dan keletihan, juga membantu mengeluarkan toksin, membantu menyehatkan persendian, memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan energi.
Kurangi konsumsi coklat, minuman bersoda dan makanan/minuman yang mengandung kafein sebelum tidur karena sifatnya yang menstimulasi otak sehingga susah tidur. Sama halnya dengan merokok.
Jangan berolah raga terlalu dekat dengan jam tidur karena hal ini akan membuat temperatur tubuh dan level adrenalin meningkat sehingga Anda menjadi susah tidur. Berilah tenggang waktu minimal 4 jam sebelum tidur jika Anda ingin berolah raga.

Beberapa remedi alami lainnya bagi penderita insomnia:
Pastikan ruang tidur Anda memiliki ventilasi yang baik dan tenang.
Berdoalah sebelum tidur agar jiwa Anda lebih tenang.
Bacalah buku-buku yang bisa menginspirasi Anda untuk menghindari depresi.
Oleskan sedikit minyak wijen/castor oil di kaki dan kelopak mata Anda. Minyak ini membantu Anda merasa mengantuk.
Lampu tidur berwarna biru dapat membantu Anda merasa mengantuk.
Musik klasik juga dapat membantu Anda untuk tidur terutama musik raga Bhairavi.
Rendamlah kaki Anda di dalam air hangat sebelum tidur, taruhkan sedikit minyak aromaterapi Lavender. Wangi bunga lavender sangat berkhasiat menenangkan pikiran agar Anda lebih mudah tidur.

Tips cara alami mengatasi susah tidur di atas bukanlah pil ajaib yang langsung dapat menyembuhkan insomnia. Sulitnya tidur yang sudah dialami bertahun-tahun adalah sebuah masalah psikologis yang harus diatasi dengan sabar agar pola tidur kembali normal. Cobalah tips di atas dengan sabar dan konsisten supaya insomnia Anda pada akhirnya teratasi. Konsultasikanlah ke dokter Anda jika memang masalah susah tidur ini sudah mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar